Fakta Menarik dari Teh

Siapa yang tidak mengenal jenis minuman yang satu ini? Minuman yang berasal dari seduhan daun Camellia sinensis ini pertama kali diperkenalkan oleh bangsa China sejak 3000 tahun yang lalu. Ada beberapa fakta yang menarik mengenai daun teh dan minuman hasil olahannya. Berikut ulasannya.

kebun teh


1. Minuman paling populer di dunia setelah air
Kita tahu bahwa air adalah minuman paling penting di dunia. Namun, teh juga tidak kalah populer dengan air. Buktinya, teh menduduki posisi kedua setelah air sebagai minuman yang paling banyak dikonsumsi oleh orang di dunia serta dan mampu mengalahkan kopi.

2. Khasiat yang menakjubkan
Dengan minum setidaknya 2 cangkir teh setiap hari dipercaya mampu menurunkan risiko stroke dan serangan jantung. Selain itu, teh juga dikenal dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, melindungi gigi, mencegah kanker, dan mempertahankan kemampuan ingatan. Khusus teh hijau, teh ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu mencegah timbulnya kerutan dan penuaan dini.

3. Lama penyeduhan yang berbeda untuk teh yang berbeda
Teh memiliki jenis yang beragam. Dari setiap jenisnya memerlukan waktu untuk perendaman dan juga temperatur yang berbeda agar menghasilkan teh dengan rasa yang sempurna. Untuk teh hijau, daun teh harus direndam selama ±3 menit dalam air panas. Teh putih hanya direndam antara 2-3 menit dalam air dengan suhu 18° Celcius. Sedangkan untuk teh hitam, teh merah, atau teh herbal memerlukan waktu perendaman yang cukup lama, yaitu sekitar 5 - 7 menit dalam air panas untuk menciptakan rasa yang nikmat.

4. Satu tanaman teh untuk semua jenis teh
Banyak yang mengira beberapa jenis teh berasal dari tanaman teh yang berbeda. Namun kenyataannya, daun teh dari semua jenis teh yang ada berasal dari satu tanaman yang sama yaitu Camellia sinensis. Pembedanya  ialah masa pemetikan dan pengolahannya. Teh hijau, teh hitam, atau teh putih didapatkan dari masa oksidasi dan proses yang berbeda

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Banyak Kandungan Teh Untuk Kesehatan

Perusahaan Milik Sukanto Tanoto Berusaha Mengatasi Kebakaran Hutan dengan Desa Bebas Api

Cara Lain Melangsingkan Perut Anda